Kamis, 30 Desember 2010

Mendongeng Sebelum Tidur, Perlukah?

Bagi para orang tua yang sibuk bekerja pagi sampai sore, malam hari adalah saat-saat paling berharga bersama keluarga, khususnya bagi buah hati. Malam hari menjelang tidur adalah waktu yang tepat untuk memberikan perhatian kepada buah hati. Suatu aktifitas yang sederhana tapi bisa banyak bermanfaat bagi anak adalah membacakan dongeng untuknya sebelum tidur. Mendongeng secara umum bermanfaat bagi perkembangan emosional, kognitif, dan sosial anak, terutama dalam perkembangan bahasanya.
Pertama-tama, mendongeng dapat mempererat hubungan orang tua dan anak. Melalui kegiatan mendongeng, orang tua bisa berkomunikasi dengan sang buah hati, juga bisa menjadi sarana bertukar pikiran. Jika dilakukan secara rutin, mendongeng dapat mendekatkan orangtua-anak dan membangun kedekatan emosi karena ia tahu bahwa ia memiliki waktu khusus bersama orangtua.
Kedua, anak yang lebih banyak dibacakan dongeng, maka akan lebih banyak mendengar berbagai kosakata. Hal ini akan memperkaya perbendaharaan kata anak dan juga dapat berpengaruh pada ragam kosakata yang dipilihnya saat berbicara.
Mendogeng juga dapat melatih anak menjadi public speaker yang handal. Ketika anak didongengi, orang tua dapat menstimulasi dan mendorong anak untuk berbicara juga. Misalnya dengan cara menanyakan pertanyaan yang berhubungan dengan gambar di dalam buku dongeng, supaya anak juga dapat menuangkan idenya tentang dongeng yang sedang dibacakan dan menghubungkan dengan kejadian sehari-hari.Dengan ini, anak akan terbiasa berbicara di depan orang lain, hal ini akan berpengaruh pada kemampuannya untuk berbicara di depan orang depan kelak. Apalagi jika orangtua juga mendorong, memuji, dan memberikan respon positif saat anak bercerita ulang atau menjawab pertanyaan seputar dongeng.
Membacakan dongeng untuk anak secara rutin juga bermanfaat untuk imajinasi anak. Cerita yang diceritakan oleh orangtua dan disertai sedikit gambar di buku dongeng, akan membuat anak mengembangkan imajinasinya sendiri. Hal ini berguna dalam mengembangkan ide dan berpikir kreatifnya.
Selain itu, bila anak terbiasa dibacakan dongeng, mereka akan lebih sering dan terbiasa melihat huruf-huruf. Hal ini akan berpengaruh dan mempercepat anak ketika mereka belajar membaca dan menulis. Akan sangat mempercepat kemampuan membaca anak jika orangtua juga bermain tebak-tebakan kata dan huruf selama kegiatan mendongeng.
Nah, sekarang kita tahu kan kalau memdongeng sangat banyak manfaatnya untuk buah hati kita. Maka dari itu, sesibuk apapun para orangtua, hendaknya meluangkan waktu sejenak pada malam hari untuk memberi perhatian khusus kepada si buah hati.

0 komentar:

Posting Komentar